5 Alasan Kenapa Harus Ambil Cicilan KPR dari Sekarang

  • by DIVIT Halorumah
  • 2 years ago
  • Blog, KPR
  • 0

Keberadaan KPR atau Kredit Pemilikan Rumah masih menjadi perdebatan di berbagai kalangan. Namun satu hal yang pasti, manfaat KPR mampu mewujudkan impian banyak orang, untuk memiliki hunian sendiri.

Ada banyak alasan kenapa mengambil cicilan rumah dengan sistem KPR penting dilakukan sesegera mungkin. Terutama untuk Anda yang masih dalam usia produktif, KPR bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memiliki hunian sendiri.

Apa Itu KPR Rumah?

Seperti penjelasan di atas, KPR merupakan kependekan dari Kredit Pemilikan Rumah. Ini merupakan fasilitas kredit yang diberikan untuk membeli properti, baik itu berupa rumah, ruko, apartemen, dan lain sebagainya.

Berbagai lembaga keuangan biasanya memberikan fasilitas kredit ini, namun dengan syarat dan ketentuan yang pasti berbeda satu sama lain. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengumpulkan informasi KPR dan menghitung cicilan KPR dengan Excel dari berbagai bank untuk membandingkan mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget Anda.

Manfaat KPR Rumah

Beberapa orang memang memilih untuk membeli rumah secara tunai agar tidak memiliki tanggungan keuangan di masa depan. Namun pilihan ini tentu tidak berlaku untuk semua orang, mengingat harga rumah terus naik dari tahun ke tahun.

Lalu, kapan rumah bisa terbeli jika setiap tahunnya harga selalu naik? Harus menabung sampai berapa tahun sampai bisa membeli rumah secara cash?

KPR menjadi solusi dari permasalahan ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan KPR yang layak kamu pertimbangkan.

1. Tidak Perlu Dana Besar

Berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk mengumpulkan uang dan membeli rumah secara tunai? Lalu bagaimana jika harga properti impian kamu semakin tidak terjangkau?

Nah, dengan mengambil kredit KPR, kamu tidak perlu menyiapkan dana dalam jumlah besar. Seperti kredit pada umumnya, KPR memerlukan uang muka. 

Oleh karena itu, apabila kamu memiliki dana yang cukup untuk down payment dan pemasukan stabil untuk membayar cicilan, mengambil KPR adalah pilihan yang bijak.

Selain itu, mencicil memberikan kamu keleluasaan dalam mengalokasikan pengeluaran bulanan. Win-win solution, bukan?

2. Suku Bunga Relatif Rendah

Banyaknya pihak yang memberikan fasilitas KPR membuat suku bunga yang ditawarkan relatif rendah. Setiap lembaga keuangan ini bersaing satu sama lain untuk menawarkan yang terbaik bagi calon nasabahnya.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya membandingkan suku bunga setiap lembaga yang menyediakan KPR. Proses ini tentunya akan lebih cepat apabila kamu mengambil KPR di HaloRumah yang bekerja sama dengan banyak bank besar di Indonesia. 

Selain menemukan hunian impian, kamu juga bisa membandingkan besaran cicilan dengan lebih mudah.

3. Cicilan Terjangkau

Dengan mengambil KPR, kamu bisa mendapatkan cicilan yang cukup terjangkau. Tentu saja ada syarat yang perlu kamu penuhi, yaitu:

  • Membayar uang muka dengan jumlah lebih besar
  • Atau, mengambil KPR dengan tenor lebih panjang.

Setiap pilihan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, pertimbangkan dulu dengan matang sebelum menentukan langkah berikutnya. 

kamu juga bisa menggunakan kalkulator KPR yang tersedia di website beberapa bank untuk melakukan riset kecil-kecilan.

4. Sumber Passive Income

Meskipun kamu sedang dalam proses mencicil, kamu bisa menyewakan rumah KPR yang uang mukanya sudah terbayarkan. Dengan begitu, besaran cicilan akan lebih ringan dan tentu saja ini merupakan sumber passive income yang menarik. 

Selain itu, KPR memiliki legalitas yang jelas sehingga kamu pun merasa lebih tenang terkait kepemilikan aset properti.

5. Mudah Diasuransikan

Beberapa bank yang menyediakan fasilitas KPR juga menyediakan asuransi untuk rumah tersebut. Premi yang harus kamu bayarkan biasanya sudah termasuk dalam besaran cicilan tiap bulannya. Untuk jenis asuransi bisa langsung kamu konsultasikan dengan pihak bank.

Sesuaikan dengan Kondisi Finansial

Apabila kamu sedang mencari tempat tinggal namun budget untuk beli rumah secara tunai masih belum ada, mengambil cicilan KPR adalah keputusan yang tepat. Kami menyediakan kredit rumah dengan sistem KPR yang terjangkau untuk semua kalangan.

Selain itu, kami bekerja sama dengan berbagai bank rekanan sehingga proses pengajuan KPR berjalan dengan cepat, aman, dan sesuai dengan kondisi finansial kamu. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut dan berbagai manfaat KPR dari HaloRumah.

Join The Discussion

Compare listings

Compare